Obat Penyakit Batu Ginjal

Obat Penyakit Batu Ginjal – Batu ginjal adalah hasil dari penumpukan mineral terlarut di lapisan dalam ginjal.Mereka biasanya terdiri dari kalsium oksalat tetapi dapat terdiri dari beberapa senyawa lain. Batu ginjal dapat tumbuh seukuran bola golf dalam ginjal manusia.

Jika Anda mengalami penyakit ginjal kronis, Anda mungkin segera memerlukan perawatan untuk melakukan pekerjaan yang ginjal Anda tidak dapat lagi melakukannya. Setiap perawatan memiliki pro dan kontra. Pilihan perawatan Anda akan berpengaruh besar pada kehidupan sehari-hari Anda

Penyakit Batu Ginjal

Batu di ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari zat yang ada di air kencing. Prosesnya disebut nephrolithiasis.  Penyakit batu ginjal atau kencing batu ini biasanya berukuran sangat kecil atau bisa mencapai sekitar beberapa inci. Ukuran batu yang lebih besar yang mengisi saluran yang membawa kencing dari ginjal ke kandung kemih disebut batu staghorn – Obat Penyakit Batu Ginjal Alami

Penyakit Batu Ginjal

Obat Penyakit Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal atau kencing batu umum terjadi, yang biasanya menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun. Penyakit batu ginjal atau kencing batu bisa diatasi dengan mengurangi faktor-faktor yang berisiko untuk kesehatan kita. Harap berdiskusi dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Gejala Ginjal Bermasalah

• Kulit gelap
  • Kulit kering
  • Edema-bengkak, biasanya di kaki, kaki, atau pergelangan kaki dan kurang sering di tangan atau wajah
  • Gatal — gatal
  • Sakit kepala
  • Tekanan darah tinggi
  • Sedikit atau tidak buang air kecil
  • Kram otot
  • Mual
  • Masalah tidur
  • Kantuk
  • Kelelahan, atau merasa lelah
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Penurunan berat badan

Jika kencing batu yang disebabkan oleh batu kristal di ginjal menimbulkan infeksi, Anda harus segera periksakan ke dokter. Gejala batu ginjal lainnya bisa berupa meriang, demam, berkeringat, dan buang air kecil yang sering, mendesak, serta terasa sakit – Obat Penyakit Batu Ginjal Herbal

Apa penyebab batu ginjal ?

Penyebab batu ginjal atau kencing batu bisa terbentuk jika urin atau air kencing yang mengandung terlalu banyak bahan kimia. Bahan kimia tersebut seperti kalsium, asam urat, sistin, atau struvite (campuran fosfat, magnesium, dan ammonium).

Jenis batu yang menyebabkan kencing batu

Para dokter telah menemukan empat jenis kandungan utama dari penyebab batu ginjal:

• Tumpukan kalsium, Kencing batu sering disebabkan oleh batu ginjal yang mengandung kalsium. Kelebihan kalsium bisa menjadi penyebab batu ginjal. Pasalnya, kalsium yang tidak digunakan oleh tulang dan otot pergi ke ginjal.
  • Asam urat tinggi
    Sebuah batu asam urat juga bisa terbentuk ketika air seni mengandung terlalu banyak asam. Orang-orang yang makan banyak daging, ikan, dan kerang mungkin terkena batu asam urat.
  • Infeksi ginjal
    Batu struvite di ginjal, juga dapat terbentuk setelah Anda memiliki infeksi ginjal.
  • Faktor genetik
    Batu sistin adalah hasil dari kelainan genetik, yang berarti masalah diturunkan dari orangtua ke anak. Gangguan tersebut menyebabkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urin – Obat Penyakit Batu Ginjal Tradisional

Apa yang meningkatkan risiko penyakit batu ginjal?

Obat Penyakit Batu Ginjal

Ada banyak faktor-faktor risiko penyebab batu ginjal, seperti :

• Riwayat kesehatan keluarga yang pernah mengalami batu di ginjal. Bila ada keluarga yang pernah mengalami batu di ginjal, kemungkinan Anda juga bisa terkena
  • Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan bisa menjadi penyebab batu ginjal
  • Diet-diet tertentu, seperti diet yang tinggi protein, sodium, dan gula bisa menjadi risiko penyebab batu ginjal.
  • Mengalami obesitas atau berat badan berlebih juga bisa menjadi penyebab batu ginjal
  • Penyakit pencernaan dan operasi pencernaan.

Pengobatan penyakit batu ginjal tergantung kepada ukuran batu. Jika masih tergolong kecil, batu ginjal masih dapat keluar melalui saluran kemih tanpa harus dilakukan operasi. Dokter biasanya akan menyarankan pasien melakukan langkah pengobatan selayaknya tindakan pencegahan, yaitu dengan minum cukup air putih tiap hari.

Jika Anda memiliki batu di ginjal yang besar atau saluran kemih Anda diblokir, ahli urologi dapat mengangkat batu atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan perawatan selain operasi batu ginjal berikut ini:

1. Ureteroscopy
    Urolog akan menggunakan alat panjang, seperti tabung dengan lensa mata, yang disebut ureteroscope, untuk menemukan krital pada penyakit batu ginjal. Setelah batu ditemukan, urologi dapat mengangkat atau dapat memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan energi laser.
  2. Nephrolithotomy perkutan
    Urolog menggunakan alat untuk melihat kawat-tipis, yang disebut nephroscope, untuk menemukan dan menghilangkan kristal batu pada penyakit batu ginjal.
  3. Shock Wave Lithotripsy (SWL)
    SWL merupakan salah satu obat batu ginjal tanpa operasi yang bisa Anda pilih. Metode ini digunakan untuk menghilangkan batu di ginjal atau di saluran kencing.

Pilihan pengobatan selain operasi batu ginjal

1. Daun sendok
    Daun sendok juga berkhasiat untuk mengatasi gagal ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa terpenoid di dalam daun mangkok bermanfaat untuk menghambat pembentukan dan memengaruhi ukuran kristal kalsium oksalat. Senyawa terpenoid berkhasiat untuk menghambat pembentuan kristal di dalam ginjal sehingga massa dai batu ginjal itu bisa bertambah.
  2. Minyak zaitun
    Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat, salah satu manfaat minyak zaitun yang tidak bisa diabaikan adalah untuk mengatasi gagal ginjal. Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatasi berbagai penyakit.
  3. Mahkota dewa
    Dengan mengonsumsi mahkota dewa, gagal ginjal dapat dicegah dan kondisi pun akan dapat dibuat membaik. Bila gagal ginjal disertai dengan penyakit hepatitis B dan juga ada komplikasi penyakit hati atau liver, mahkota dewa bisa jadi solusinya.
  4. Daun binahong
    Selain kedua tanaman di atas, anda juga bisa menggunakan tanaman binahong untuk mengobati sakit ginjal secara alami. Daun binahong terbukti ampuh untuk meluruhkan dan sebagai obat batu ginjal dalam waktu relatif cepat.
  5. Jeruk nipis dan bawang bombay
    Anda juga bisa mengkombinasikan 3 bahan alami berupa bawang putih, jeruk nipis dan bawang bombai untuk mengobati gagal ginjal sampai tuntas.
  6. Rambut jagung, Alang alang, Kumis kucing
    Selain dengan 3 ramuan herbal di atas, anda juga bisa membuat ramuan dari 3 herbal yaitu rambut jagung, alang-alang dan kumis kucing.
  7. Daun sirsak
    Daun sirsak selain terbukti dapat mengobati kanker ternyata juga dapat mengobati sakit ginjal. Dengan mengkonsumsi ramuan daun sirsak, gagal ginjal yang anda alami bisa diobati secara perlahan tapi pasti.
  8. Kumis kucing
    Tanaman yang sudah sangat terkenal dapat mengobati penyakit ginjal adalah kumis kucing. Tanaman yang berukuran mini, dengan bunga putih menyerupai kumis kucing ini bermanfaat untuk meluruhkan batu ginjal sampai tuntas.

Obat Penyakit Batu Ginjal

De Nature Indonesia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Obat Tradisional (OT) dari dalam Negeri, yang mencoba mengangkat dan menghidupkan kembali Budaya Nenek Moyang kita Yaitu Jamu Tradisional sebagai salah satu warisan leluhur budaya bangsa yang perlu dilestarikan.